Pengikut

Ahad, Februari 22, 2009

WASPADA terhadap dukun cilik


Di bawah ini ada satu kisah seperti dalam filem Labu Labi buah tangan P Ramlee. Si Labi yang masuk gua dan mendapat batu hikmat untuk mengubati sakit Manisah anak perempuan Haji Bakhil. Mengapa ada orang percaya? Jawabnya ialah pemikiran orang itu sendiri yang minta dipercayai dengan ketulan batu sebagai ubat. Siapa mereka? Sebagian yang mengaku muslim dan zikirnya, masya Allah..., bukan main. Namun rohnya kosong. Petikan dari seberang.

SIAPA sih yang tidak kenal Ponari. Semua orang pasti kenal yang namanya Ponari. Selama kurang lebih 2 minggu ini Dia terus di beritakan di berbagai media massa dan elektronik. Bagaimana tidak, kemampuannya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan media air dan batu telah mengangkat namanya di berbagai daerah.


Sampai akhirnya Dia dijuluki Dukun Cilik. Namun di sini saya akan mengajak para pengunjung untuk berdiskusi tentang waspada terhadap dukun cilik Ponari. Sejarah sebelum Ponari dilahirkan, konon katanya ibu yang sedang mengandung Ponari tergolong ekonomi yang lemah. Sampai akhirnya sang ibu sering berpuasa karena untuk mendapatkan makan sangat sulit. Setelah dilahirkan Ponari sempat disambar petir (katanya sih) tapi dia selamat dari kecelakaan tersebut. Hingga akhirnya Ponari menemukan sebuah batu yang ajaib. Ketika menemukan batu tersebut, ibunya sempat membuangnya tapi batu itu selalu kembali lagi.


Cara pengobatan Ponari menggunakan pengobatan dengan media air dan batu yang dia temukan. Segelas air kemudian dicelupkan oleh batu ajaib itu kemudian diminum oleh sang pasien. Dalam beberapa kali terapi sang pasien menglami perubahan total menuju arah kesembuhan. Kadang juga Ponari melakukan pengobatan dengan cara menginjak bagian tubuh pasien, tapi cara ini jarang dilakukan karena kondisi Ponari sendiri yang tidak memungkinkan.


Pendapat saya, anda tau Sugesti? Biasanya sugesti dipakai oleh para Hipnoter (orang yang pekerjaannya menghipnotis). Sugesti adalah sebuah ucapan yang diberikan kepada seseorang di bawah alam sadar mereka. Dengan memberikan sugesti, maka orang tersebut akan melakukan perintah yang kita ucapkan. Begitu juga dengan Dukun Cilik Ponari, tetapi bedanya Ponari tidak memberikan sugesti kepada pasien, tetapi pasien itulah yang memberikan sugesti kepada dirinya sendiri.


Karena pasien yakin kalau Ponari bisa menyembuhkan penyakit mereka. Tapi perlu kita ketahui bahwa sugesti hanya bersifat sementara. Dalam hitungan waktu yang tidak sugesti akan hilang. Contohnya bisa kita lihat di televisi dalam acara hipnotis. Ketika sugesti itu hilang atau di cabut oleh sang penghipnotis, maka orang yang dihipnotis akan sadar dan melakukan aktifitas seperti biasanya.Begitu juga dengan Ponari, ketika sugesti pasien hilang maka sakit yang diderita pasien akan kambuh, bahkan konon ada yang meninggal setelah berobat ke Ponari (bener gak ya?).


Ada baiknya kalau kita berfikir logis, karena kelebihan manusia adalah diberikan akal untuk berpikir (betul gak?) Hanya Allah yang bisa menyembuhkan kita dari sakit. Ponari bukan Tuhan dan dia sama sekali tidak mirip dengan Tuhan. Bagaimana pendapat anda?


Apakah sama dengan pendapat saya?

1 ulasan:

  1. ponari mungkin mengalami nasib seperti tokoh-tokoh dukun sebelum dipuja tetapi kelamannya lenyap.Seharusnya ponari berkata jujur apa sebenarnya sebalik kelebihan itu agar tidak membawa kecelakaan.

    BalasPadam