Halaman

Sabtu, Januari 28, 2017

"INILAH sebaik-baik bid'ah" tolonglah Pak Kiyai pahami.

hanya hiasan
SEBAHAGIAN orang suka mengambil kata-kata Khalifah Umar al-Kattab iaitu, “Ini sebaik-baik bid’ah.”  Hal ini merujuk pada tindakan Khalifah Umar mengumpulkan banyak orang shalat malam pada bulan Ramadan, berimamkan seorang sahaja.  Maksudnya, orang yang sukakan bid’ah mengatakan Khalifah Umar pun membuat bid’ah, maka tidak salah apa-apa  jika orang jaman-jaman seterusnya berbuat bid’ah sebab yang dilakukan amat baik.

Penulis mencuplik kisahnya. Seorang sahabat,  Abdurrahman bin Abdul Qariy berkata : “Suatu malam di bulan Ramadhan, aku keluar bersama Khalifah Umar bin Al-Khattab menunju masjid. Ternyata kami dapati manusia berpencar-pencar di sana-sini. Ada yang shalat sendirian, ada juga yang shalat mengimami beberapa orang.  Beliau (Umar) berkomentar: “(Demi Allah), seandainya aku kumpulkan orang-orang itu untuk shalat bermakmum kepada satu imam, tentu lebih baik lagi”. Kemudian beliau melaksanakan tekadnya, beliau mengumpulkan mereka untuk shalat bermakmum kepada Ubay bin Ka’ab Radhiyallahu ‘anhu. Abdurrahman melanjutkan: “Pada malam yang lain, aku kembali keluar bersama beliau, ternyata orang-orang sudah sedang shalat bermakmum kepada salah seorang qari mereka. Beliaupun berkomentar, “Ini sebaik-baik bid’ah, namun mereka yang tidur dahulu (sebelum shalat) lebih utama dari mereka yang shalat sekarang.”  Yang Khalifah Umar  maksudkan iaitu mereka yang shalat pada akhir waktu malam. Sedangkan orang-orang tadi shalat di awal waktu malam”
Diriwayatkan oleh Imam Malik dalam Al-Muwattha (I : 136-137), demikian juga Al-Bukhari (IV : 203), Al-Firyabi (II : 73, 74 : 1-2). Diriwayatkan juga oleh Ibnu Abi Syaibah (II : 91 : 1) dengan lafazh yang mirip, namun tanpa ucapan beliau : “sebaik-baiknya bid’ah, ya yang seperti ini”. Demikian juga Ibnu Sa’ad (V : 42) dan Al-Firyabi dari jalur lain (74 : 2) meriwayatkannya dengan lafazh : “kalau yang seperti ini dianggap bid’ah, maka sungguh satu bid’ah yang amat baik sekali”. Para perawinya terpercaya, kecuali Naufal bin Iyyas. Imam Al-Hafizh mengomentarinya dalam “At-Taqrib” ; “Bisa diterima”, maksudnya apabila diiringi hadits penguat, kalau tidak, maka tergolong hadits yang agak lemah. Begitu penjelasan beliau dalam mukaddimah buku tersebut.

Khalifah Umar bukan mereka-reka sendiri perbuatan mengumpul orang shalat malam dalam satu jamaah berimamkan seorang qari.  Sungguh sahabat yang mulia hanya menuruti sahaja apa yang pernah dilakukan oleh Muhammad Rasulullah s.a.w.  Perhatikan apa yang diceritakan oleh Isteri Rasulullah.

Daripada  A’isyah r.a., dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada suatu malam keluar di tengah malam untuk melaksanakan shalat di masjid, orang-orang kemudian mengikuti beliau dan shalat di belakangnya. Pada waktu paginya orang-orang membicarakan kejadian tersebut. Kemudian pada malam berikutnya orang-orang yang berkumpul bertambah banyak lalu ikut shalat dengan beliau. Dan pada waktu paginya orang-orang kembali membicarakan kejadian tersebut. Kemudian pada malam yang ketiga orang-orang yang hadir di masjid semakin bertambah banyak lagi, lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar untuk shalat dan mereka shalat bersama beliau. Kemudian pada malam yang keempat, masjid sudah penuh dengan jama’ah hingga akhirnya beliau keluar hanya untuk shalat Shubuh. Setelah beliau selesai shalat Fajar, beliau menghadap kepada orang banyak membaca syahadat lalu bersabda: “Amma ba’du, sesungguhnya aku bukannya tidak tahu keberadaan kalian (semalam). Akan tetapi aku takut shalat tersebut akan diwajibkan atas kalian, sementara kalian tidak mampu.” (HR al-Bukhari no. 924 dan Muslim no. 761)

Kan jelas Khalifah Umar hanya membina semula apa yang telah dibina oleh Rasulullah, dan kemudian dihentikan atas sebab yang disebut oleh Rasulullah juga.  Apabila Rasulullah sudah wafat, tidak ada lagi wahyu turun, maka Khalifah Umar membangunkan semula shalat malam berjamaah pada bulan Ramadan.  Apakah ini masih dikata Khalifah membikin tatacara ibadah sendiri?


Jika Khalifah mahu membikin shalat berjamaah yang tidak ditunjuk oleh Rasulullah, banyak lagi shalat sunat yang dilakukan oleh manusia pada jamannya secara terpencar-pencar (malah sehingga hari ini). Khalifah Umar kekal membiarkan orang shalat tahiyatal masjid secara terpencar-pencar.  Begitu juga shalat sunat rawatib. Bukankah bisa saja Khalifah Umar mengumpulkan manusia buat shalat rawatib berjamaah dan mengatakan ‘Ini adalah sebaik-baik bid’ah.’  Nyatanya, bukan saja Khalifah Umar tidak melakukannya, malah tidak ada seorang pada jaman salaf atau ulama jaman sesudahnya berani mengumpulkan orang buat shalat tahiyatal masjid secara berjamaah!

Tiada ulasan:

Catat Ulasan